Malang raya menjadi salah satu kota yang kaya akan wisata, baik itu wisata alam, wisata kuliner, wisata bersejarah dan lain sebagainya. Kawasan besar ini terdiri atas Kota Malang, Batu, dan Kab Malang ini dapat dibilang mempunyai segalanya tentang wisata. Bahkan, fasilitas pendukungnya juga sangat lengkap yang bermulai dari transportasi maupun penginapan di Kota Malang.

Salah satu trend yang dapat dibaca dari perkembangan pariwisata Malang Raya, yakni wisata edukasi seperti museum. Di kota Malang tersedia berbagai macam museum yang dapat anda kunjungi, dan tiap museumnya mengandung pengetahuan-pengetahuan yang patut kita ketahui. Cobalah anda datangi enam museum yang ada dibawah ini.

1. Museum Angkut

Sebagai rekomendasi pertama dari wisata museum di Malang adalah Museum Angkut. Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan Museum Angkut, dimana museum ini menjadi salah satu museum terpopuler di Indonesia. Tak heran kalau wisata museum yang satu ini dinaungi oleh Grup Jawa Timur. Museum ini cukup besar, tapi selama anda di dalam museum ini anda tidak akan tersesat.

Disini sudah disesuaikan untuk jalurnya agar wisatawan bisa menikmati wahana yang berasal dari pintu masuk hingga pada yang terakhir. Tentu saja liburan anda tidak akan menjadi sia-sia jika datang ke kota Malang dengan mengunjungi Museum Angkut ini. Untuk alamatnya terletak di Jl. Terusan Sultan Angung No 2. Ngaglik, Batu.

Pada awal memasuki museum, anda akan dimanjakan dengan koleksi-koleksi mobil maupun motor klasik yang berasal dari mancanegara. Bila anda kunjungi tempat ini, anda akan mempelajari tentang perkembangan dari berbagai macam jenis kendaraan. Disini juga tersedia area outdoor, dimana area ini akan membuat anda bernostalgia dengan suasana tradisional. Lalu, makin ke dalam anda akan melihat beragam macam zona lainnya yang tidak kalah keren.

2. Museum Sejarah Bantoel

Bagi wisatawan atau pengunjung yang menyukai dengan rokok, maka wajib anda kunjungi Museum Sejarah Bantoel. Museum ini didirikan agar orang-orang tahu tentang sejarah dari rokok dengan merk yang bernama Bantoel. Umumnya, Bantoel merupakan sebuah pabrik usaha rokok terbesar di Malang. Pada awal didirikan, Bantoel ini menjadi salah satu pabrik yang memproduksi rokok terkenal secara nasional.

Rokok Bantoel ini sudah ada pada masa penjajahan dan menjadi rokok yang paling populer di masa tersebut. Pendiri dari perusahaan rokok ini adalah seorang pria dengan nama Ong Hok Liong. Di dalam ruangan museum ini tersedia patung beliau yang berbahan perunggu. Perlu diketahui kalau patung tersebut dibuat dengan secara sengaja agar tiap orang dapat mengenang serta menghormati beliau.

3. Museum Mpu Purwa

Selanjutnya, museum yang sangat menarik untuk dikunjungi ketika berada di Malang adalah Museum Mpu Purwa. Nama asli dari museum ini, yakni Balai Penyelamatan Benda Purbakala Mpu Purwa. Dan kenapa namanya menjadi Museum Mpu Purwa? Dikarenakan namanya yang cukup panjang sehingga lebih mudah menyebutnya Mpu Purwa saja. Di dalam museum ini berisi benda bersejarah yang khususnya arca.

Tempatnya juga tidak jauh jika anda berada di stasiun kota serta berdekatan dengan Institut Pertanian Malang. Museum Mpu Purwa sendiri menjadi suatu bangunan yang memakai bekas gedung dari sebuah sekolah yang bernama SDN Mojolangu 2. Di dalam Museum Mpu Purwa ini tersedia kurang lebih 66 buah arca yang terpajang disini.

Hampir tiap arca yang berada di dalam museum ini terdiri atas arca Ganesha dan arca Mahaguru. Tentu saja tempat ini cocok untuk wisatawan yang menyukai dengan sejarah. Lokasi lengkapnya di Jl. Soekarno Hatta Perumahan Griya Samta Blok B Nomor 210, Mojolangu, Lowokwaru, Malang.

4. Museum Musik Indonesia

Museum yang selanjutnya yang menarik dan seru untuk dikunjungi adalah Museum Musik Indonesia. Yang pastinya cocok untuk anda yang menyukai dengan dunia musik, dimana para pengunjung akan mempelajari tentang sejarah musik. Tiap pengunjung akan diajak untuk mengenang masa-masa kejayaan industri musik Indonesia yang jauh sebelum modern seperti sekarang.

Benda yang berupa piringan hitam hingga pemutarnya sekalipun juga ada disini. Bukan hanya itu saja, disini juga tersedia tape serta kaset pita dan juga CD yang merupakan bagian dalam dunia musik. Jika pengunjung pernah memainkan musik yang lawas, tentu saja tempat yang satu ini sangat cocok dalam bernostalgia. Inilah yang menjadi alasan kenapa Museum Musik Indonesia cocok buat pengunjung yang menyukai dunia musik, baik musik lawas maupun sekarang.

Berdirinya Museum Musik Indonesia, dimana tempat ini dibuat untuk memberikan apresiasi kepada sejarah musik yang ada di Indonesia. Museum ini mempunyai alamat lengkap yang terletak di Jl. Nusakambangan Nomor 19, Kasin, Klojen, Kota Malang.

5. Museum Tubuh

Sebagai museum yang paling terakhir dalam pembahasan ini, disini kami sangat sarankan buat anda untuk mengunjungi Museum Tubuh. Museum ini bisa dibilang cukup unik, dalam hal ini anda dapat mempelajari tentang bagian tubuh manusia secara menyenangkan dan seru. Museum Tubuh ini dibagi hingga menjadi beberapa zona buat organ tubuh manusia, misalnya hati, paru-paru, otak, mata dan lain sebagainya.

Tiap pengunjung yang berkunjung kesini akan melihat tiruan tubuh manusia yang disertai dengan ukuran terbilang cukup besar. Tempat ini dapat dikunjungi oleh anda dan juga keluarga anda dengan mudah, dimana alamatnya di daerah Jatim Park 1. Untuk alamat lengkapnya di Jl. Kartika Nomor 2, Sisir, Batu.

Disini anda akan mempelajari tentang fungsi-fungsi dari organ tubuh manusia yang melalui film mengenai tubuh manusia di ruangan 3D Cinema. Tak hanya itu saja, disini tersedia fasilitas yang berupa medical check up hingga anda dapat berwisata sekaligus periksa kesehatan anda. Tentunya ini menjadi sebuah museum yang sangat seru dengan banyaknya wahana yang cocok buat edukasi anak-anak.

Itu dia beberapa rekomendasi museum yang ada di kota Malang. Tiap museum yang ada diatas sangat seru untuk anda kunjungi. Liburan akan menyenangkan, dan bukan hanya liburan saja melainkan anda bisa mendapatkan pengetahuan jika berkunjung ke salah satu museum diatas. Apabila anda memiliki waktu luang, tidak masalah untuk anda kunjungi semua museum yang sudah dibahas tadi diatas.

Bagikan: