Gili Sudak adalah sebuah bendungan atau pulau kecil yang sering menarik perhatian wisatawan karena memberikan perasaan berada di pulau pribadi.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Sekotong Barat, Kek. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Map: Pemeriksaan lokasi

Pesona Gili Sudak memang tak terbantahkan. Arah ini, menekankan keasliannya yang alami, tidak tersentuh oleh tangan kotor. Tidak ada kendaraan bermotor atau cidomo yang lalu lalang di sekitar tempat wisata.

Jika mendengar kata “bendungan” erat kaitannya dengan Lombok. Istilah tersebut memang banyak digunakan untuk menyebut pulau-pulau kecil yang menjadi destinasi wisata di Lombok. Dengan jumlah yang sangat banyak, setiap tanggul memiliki keindahan tersendiri.

Gili yang akan dibahas kali ini memang sudah terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Terletak di Lombok Barat, Gili Pilar ini memiliki keunikan yang akan meninggalkan kesan indah dalam ingatan wisatawan.

Tengara Gili Sudak

Objek Wisata Gili Sudak
Kredit Gambar: Google Maps Bayu Agung

Hampir semua gil di Lombok menyukai pesona pantainya. Gili yang satu ini tidak mau kalah dengan gili lainnya, ia memiliki pemandangan pantai yang sangat indah. Apa lagi yang menarik dari bendungan ini selain pantainya?

1. Pulau Kembar

Gili Kedis dan Sudak sering disebut sebagai pulau kembar, meski ada sedikit kemiripan di antara keduanya. Untuk menikmati pesona bendungan ini, Anda perlu menempuh perjalanan selama dua jam dari Kota Mataram.

Sesampainya di sana, wisatawan bisa langsung menikmati dua bendungan sekaligus, yakni Gili Kedis dan Sudak, karena letak kedua bendungan itu saling berdekatan. Karena itu, banyak pengunjung yang berhenti karena tidak perlu jauh-jauh melihat dua destinasi dalam satu kali kunjungan.

2. Pasir putih dan air jernih

Kawasan Gili sangat populer karena warna air lautnya yang jernih sehingga wisatawan bisa melihat “penghuni” laut dengan mata telanjang. Di sebelah bendungan ini terdapat pantai Gili Sudak dengan panorama menawan dan pasir putih yang memanjakan mata dari ketinggian tertentu.

Pantai ini merupakan tempat yang cocok untuk bersantai karena wisatawan dapat merasakan suasana damai dengan panorama pantai yang indah. Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat melakukan aktivitas lain seperti berenang, menyelam, snorkeling, voli pantai, dan lain sebagainya.

3. Pemandangan bawah laut

Selama di Gili Sudak, wisatawan sangat disarankan untuk snorkeling atau diving. Kenapa ini? Tentunya karena pemandangan bawah laut Gili yang sangat menakjubkan. Dilihat dari permukaan, sangat indah, apalagi langsung masuk ke dalamnya.

Wisatawan akan merasa seperti sedang berenang bersama ikan-ikan ditemani kawasan yang penuh dengan terumbu karang yang subur dan kaya. Biota laut yang beraneka ragam juga menambah keindahan ekosistem bawah laut.

4. Suasana tenang

Pengunjung bendungan ini dijamin akan menikmati suasana damai dan tenang. Kondisi ini disebabkan letak pulau yang cukup terpencil sehingga jarang dikunjungi pengunjung. Gili-Sudak merupakan alternatif yang sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menyegarkan diri.

Menjauh sejenak dari hiruk pikuk kota dan debu kendaraan, bendungan ini adalah tempat yang sangat direkomendasikan. Namun, saat ini tidak ada rumah atau perumahan yang sedang dibangun. Sebagai gantinya, wisatawan bisa mendirikan tenda di pinggir pantai untuk bermalam.

5. Pemandangan matahari terbenam

Di garis pantai, pohon pinus tumbuh berjejer, menciptakan kesan indah dan nyaman saat wisatawan berdiri di sini. Fenomena alam lain yang menjadi daya tarik bendungan ini adalah tempat dimana pemandangan sunset akan disuguhkan kepada wisatawan pada sore hari.

Tidak hanya itu, bagi yang menginap, pemandangan saat subuh (sunrise) juga tidak kalah menakjubkan. Inilah momen yang tepat bagi pengunjung yang hobi fotografi untuk mengabadikan momen tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gili Sundak
Kredit Gambar: Google Maps Bayu Agung

Gili Sudak tepatnya berada di Sekotong Barat, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Terdapat empat pulau yang letaknya berdekatan satu sama lain, yaitu pulau Sudak, Nanggu, Kedis dan Tangkong.

Untuk menuju bendungan, ikuti jalur menuju Sekotong dari Mataram. Kemudian lanjutkan ke Gerung dan tiba di pelabuhan Tavun sekitar satu jam. Lanjutkan perjalanan Anda dengan menyewa perahu ke Gili Nanggu dengan biaya sekitar Rp 250.000.

Biaya masuk ke objek wisata

Untuk menikmati keindahan pulau ini, tidak perlu membayar sejumlah uang. Namun, wisatawan masih perlu menyiapkan beberapa peti untuk menyewa perahu ke pulau, atau berbelanja dan melakukan berbagai kegiatan di tempat wisata Gili Sudak.

Harga standar sangat bervariasi, sehingga pengunjung disarankan untuk membawa uang tunai ekstra sehingga mereka dapat mencoba semua fasilitas dan kuliner yang tersedia. Begitu juga dengan biaya sewa peralatan snorkeling jika tidak memiliki peralatan pribadi.

Apa yang harus dilakukan di Gili Sudak

Peristiwa menarik di Gili Sudak
Kredit Gambar: Google Maps Loetfi Ono

Sayang sekali jika melewatkan destinasi wisata indah di Indonesia hanya dengan mengunjunginya tanpa melakukan aktivitas apapun. Sebagai salah satu Gili cantik di Lombok, kegiatan berikut bisa dilakukan di Gili Sudak.

1. Snorkling

Keinginan untuk snorkeling di pulau ini muncul bukan semata-mata karena ada pantainya, melainkan karena menawarkan pemandangan bawah laut yang sangat indah. Wisatawan Gili-Sudak akan sangat rugi jika tidak mencoba aktivitas yang satu ini.

Bagi yang belum punya peralatan, disini sudah ada jasa persewaan yang bisa ditagih dengan harga lebih murah. Harga penawaran standar adalah Rp 50.000 termasuk jaket pelampung, masker, sirip dan snorkel.

2. Hidangan kuliner seafood

Meski tidak melayani semalam, wisatawan bisa menikmati kuliner seafood di beberapa warung makan. Makanan laut yang tersedia juga bervariasi, dengan udang, ikan laut segar, cumi-cumi dan terkadang lobster dijual.

Kesegaran masakannya tidak perlu diragukan lagi, karena semua sumber makanan ditangkap langsung dari laut di pantai Gili Sudak. Tersedia juga minuman segar alami yaitu air kelapa yang sangat nikmat dipadukan dengan seafood.

3. Nikmati alam

Bagi yang belum mahir olah raga air, wisatawan masih bisa bersantai di tepi pantai dengan lingkungan yang damai dan tenang. Ada sepetak pohon yang bisa dijadikan tempat duduk dengan udara segar dari laut.

Momen santai ini bisa dilengkapi dengan air kelapa segar yang bisa dibeli di warung-warung makan di dekat pantai. Dengan demikian, kegiatan ini sendiri dapat menyegarkan pikiran sejenak sebelum kembali beraktivitas di kota.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Layanan Gili Sundak
Kredit Gambar: Google Maps Fahim Masruro

Gili ini memang tidak perlu diragukan lagi. Sebagai destinasi wisata pulau, fasilitas terbaik sudah pasti tersedia di pulau ini secara maksimal. Meski tidak semewah homestay, tempat ini menawarkan penginapan sederhana bernama Nirvana Gili Sudak.

Bagian luar hotel adalah atap jerami, dan tawaran menggiurkan lainnya adalah area pantainya sendiri selama menginap. Hotel ini memiliki kamar-kamar dengan kipas angin, brankas pribadi, dan kursi santai.

Beberapa sudut juga memiliki restoran yang menyajikan hidangan seafood yang menggiurkan. Menariknya, konstruksi benda-benda tersebut terletak di tepi pantai, sehingga suasana liburan semakin terasa.

Selain itu, karena wisata bahari belum terlalu ramai, pemerintah masih memikirkan untuk mengembangkan potensi pulau tunggal ini. Untuk menarik perhatian sejumlah investor yang akan berkontribusi dalam pengembangan bendungan, struktur pendukung diberikan di bawah ini.

  • ceruk
  • Warung makanan dan minuman
  • daerah pohon
  • berkemah
  • duduk sederhana
  • penyeberangan perahu

Keindahan Gili-Sudak memang sudah diakui di luar negeri. Tak hanya pemandangan indah yang ditawarkan, tapi juga sajian seafood segar langsung dari laut. Rasakan suasana liburan seperti di pulau pribadi, hanya di tempat ini!

Bagikan: