Harga tiket: 3000 Rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Jl. Pengusuk, Bukit Ketok, Kets. Belinho, taksi. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Pemeriksaan lokasi

Pantai Penyusuk merupakan salah satu pantai yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung, dengan keindahan alam khas pantainya. Dapat dikatakan bahwa pantai ini adalah salah satu yang terindah di pulau itu. Ini tidak berlebihan, karena selain pemandangan laut, banyak pulau yang bisa Anda lihat saat berada di pantai. Bahkan, Anda bisa mengunjungi beberapa pulau tersebut menggunakan perahu milik warga.

Setiap destinasi wisata berupa pantai memiliki ciri khas tersendiri. Dimana pasir putih berlaku di tempat lain, ini tidak terjadi di Kabupaten Bangka di Kepulauan Bangka Belitung. Hampir setiap pantai yang terdapat di pulau ini memiliki ciri khas tersendiri berupa batuan granit dengan berbagai ukuran. Hal inilah yang juga bisa ditemui di Pantai Penyusuk yang menambah keindahannya.

Meski lokasinya terpencil dan jauh dari perkotaan, hal itu tidak menghalangi wisatawan untuk menikmati keindahan alamnya. Hal ini dibuktikan dengan padatnya pengunjung setiap harinya, baik pada hari aktif maupun pada hari libur. Tak bisa dipungkiri, liburan pasti lebih ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun pengunjung.

Landmark Pantai Penyusuk

Landmark Pantai Penyusuk
Foto Instagram Adrian

Mengetahui daya tarik suatu destinasi wisata sebelum mengunjunginya adalah suatu keharusan. Tentu Anda tidak ingin kecewa jika destinasi tersebut ternyata kurang menarik atau melebihi ekspektasi. Lalu apa yang menarik dari Pantai Penyusuk? Berikut beberapa poin penting yang telah kami rangkum!

✦ Keindahan alam yang luar biasa

Pengunjung yang datang ke pantai cantik ini hampir dipastikan ingin menikmati pemandangan alam yang disajikan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ciri utamanya adalah adanya batuan granit yang tersebar tidak merata di beberapa titik. Perhatian wisatawan tertuju pada gundukan batu dengan berbagai ukuran.

Karena keindahan dan keunikannya tersebut, banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk berfoto dengan latar belakang bebatuan. Bahkan ada beberapa batu karang yang menjorok ke laut, sehingga keindahannya tidak bisa diabaikan begitu saja. Jaraknya dekat dengan pantai dan bisa diakses langsung. Dan Anda bisa menggunakannya sebagai tumpuan jika ingin mengabadikan momen.

Meski tidak luas, hamparan pasir putih di Pantai Penyusuk juga menambah keindahannya. Pasir ini biasa digunakan sebagai media bermain bagi anak-anak. Membentuk struktur dari pasir, senyum dan kegembiraan mereka terkadang begitu terlihat.

✦ Kemurnian air pirus

Daya tarik selanjutnya adalah kejernihan airnya. Memang sebagian besar pantai di Kepulauan Bangka memiliki air jernih berwarna biru kehijauan yang dikenal dengan Tosca Green. Di pantai Penyusuk, Anda juga bisa melihat air yang jernih. Meski dengan kebersihan seperti itu, pasir dan bebatuan kecil di dasarnya terlihat sangat jelas.

Menariknya, di pantai dengan pemandangan eksotis ini arusnya cukup tenang, dan ombak besar tidak datang. Meski tidak bisa digunakan untuk berselancar, setidaknya membuat aktivitas pantai lebih aman. Arus tenang inilah yang membuat warna air di lokasi selalu bersih dan bening seperti kaca.

Namun, ada kalanya air terlihat agak keruh pada musim-musim tertentu. Jenis ini biasanya ditemukan pada saat air mengalami pasang surut. Namun, kejernihan air di tengah pantai tidak bergantung pada faktor kedalaman.

✦ Ada banyak pulau kecil

Pada bagian pendahuluan sebelumnya telah disebutkan bahwa Pantai Penyusuk dihiasi dengan beberapa pulau kecil yang terlihat jelas dari garis pantai. Ini telah terbukti menjadi daya tarik utama dan alasan bagi beberapa wisatawan untuk berkunjung. Dua pulau yang paling terkenal adalah Pulau Putri dan Pulau Lampu.

Letak kedua pulau ini berdekatan satu sama lain, dan Anda bisa berpindah dari satu pulau ke pulau lain hanya dalam beberapa menit. Pulau Putri memiliki ciri khas pepohonan dan bebatuan yang hampir menutupi daratan di tengah lautan. Sedangkan Pulau Lampu memiliki mercusuar yang berfungsi sebagai penunjuk jalan bagi kapal-kapal yang melintas.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai Pemusukan
Foto oleh PenyusukPutri di Instagram

Pantai Penyusuk terletak di bagian utara Pulau Bangka tepatnya di Jl. Isusuk, Belinyu, Bukit Ketok, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Tempatnya cukup terpencil dan membutuhkan banyak waktu tempuh. Dengan jarak sekitar 100 kilometer dari Pangkalpinang, jalan menuju tempat tersebut memakan waktu sekitar 3 jam.

Namun jaraknya lebih pendek lagi jika Anda berkendara dari Sungailiat yang hanya membutuhkan waktu 50 menit dengan kendaraan bermotor. Meski akses ke kotanya bagus, akses transportasi umum yang melewatinya minim. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan saat menuju lokasi.

Bagi yang datang dengan mobil sewaan, Anda juga bisa menyewa guide atau driver agar tidak kesulitan mencari tempat. Khusus bagi Anda yang datang dengan kendaraan pribadi, gunakanlah Google Maps. Jika tidak, Anda bisa menggunakan rambu-rambu di jalan raya sekitar lokasi.

Biaya masuk dan jam buka

Sesampainya di Pantai Penyusuk, jangan lupa siapkan uang sebagai tiket masuk. Tidak perlu banyak, hanya 3000 rupee per orang jika harganya tidak berubah. Biaya lain yang harus disiapkan adalah biaya parkir mobil. Sepeda motor dikenakan tarif reguler sebesar Rs 2.000 dan mobil dikenakan tarif Rs 5.000.

Jika Anda ingin naik perahu lokal di sekitar pantai atau pergi ke pulau yang disebutkan di atas, cukup sediakan 10.000 rupee. Anda bisa datang kapan saja karena pantai cantik ini buka setiap hari. Namun usahakan datang pada pagi atau sore hari jika ingin menikmati panorama alam laut yang tersaji.

Kegiatan yang menarik

Liburan aktif di pantai Penyusuk
Foto Saluran Sigitto di Google Maps

Berkunjung ke suatu tempat wisata belum lengkap rasanya jika tidak melakukan aktivitas di sana. Pantai Penyusuk memiliki banyak aktivitas menarik untuk Anda lakukan. Mulai dari yang berhubungan dengan air, pasir atau kajian keindahannya. Beberapa hal berikut mungkin lebih memperjelas hal ini!

1. Berenang dan bermain air

Sebagian besar wahana kali ini disajikan dalam bentuk air, jadi wajar jika aktivitas seru pertama adalah berenang atau bermain air. Bagi yang bisa berenang, tak ada salahnya menguji kemampuan Anda di pantai ini. Meski arusnya tidak begitu deras, namun tetap harus berhati-hati karena kedalaman air di tengah cukup lumayan.

Pengunjung yang tidak bisa berenang disarankan untuk tidak mencobanya karena tidak ada pelampung yang disewakan. Namun, bermain air di pantai juga tidak kalah seru. Apalagi jika datang dengan rombongan, suasana yang meriah dan seru pasti lebih mudah didapatkan.

2. Bermain di pantai pasir putih Penyusuk

Kegiatan seru lainnya di Pantai Penyusuk adalah bermain pasir. Pekerjaan ini biasanya dilakukan oleh anak-anak. Namun tidak mengesampingkan kemungkinan hiburan untuk orang dewasa. Pasir putih dengan tekstur yang lembut tidak mudah untuk dikerjakan. Inilah yang menambah keseruan, yang dengan sendirinya merupakan tantangan untuk memberikan bentuk yang diinginkan.

3. Hunting foto dengan panorama laut

Tentunya kurang lengkap jika berwisata tanpa foto, apalagi jika kali ini dengan pemandangan laut yang eksotis. Tidak ada titik khusus yang dibangun khusus oleh pihak pengelola, namun Anda bisa menggunakan berbagai titik strategis untuk mendapatkan foto yang indah.

Contohnya adalah bebatuan granit yang tersebar di sepanjang pantai yang indah ini, atau gundukan batu dengan berbagai ukuran. Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan batu yang menjorok ke laut. Tenang, airnya tidak begitu dalam, Anda bahkan bisa berjalan menuju tebing.

4. Jelajahi pulau terdekat

Kehadiran pulau-pulau di sekitar Pantai Penyusuk memberikan peluang tambahan bagi pengunjung. Mereka bisa menjelajah pulau menggunakan perahu yang disewa warga. Kalau tidak berubah, harganya sekitar Rp 10.000 per penumpang.

Ada enam pulau di sekitar lokasi wisata utama. Dua di antaranya sudah disebutkan di atas, yakni Pulau Putri dan Pulau Lampu. Berbagai biota laut dapat ditemukan di kedua pulau tersebut. Berbeda dengan pantai utama yang lebih didominasi batu granit, sebenarnya di sini banyak terdapat bebatuan karang yang indah.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Pemusuk
Foto oleh Vinnela Chandra di Google Maps

Keindahan Pantai Penyusuk didukung dengan berbagai fasilitas umum yang bebas digunakan pengunjung. Bagi yang ingin mengisi tenaga, tersedia banyak warung makan. Minuman menyegarkan seperti jus jeruk juga tersedia dengan harga rata-rata turis.

Untuk fasilitas umum lainnya, toilet dengan jumlah yang cukup dapat digunakan untuk semua wisatawan yang berkunjung. Tidak jauh dari pantai terdapat mushola yang bisa digunakan sebagai tempat ibadah. Objek lain yang pasti akan diterima adalah tempat parkir yang luas dan aman. Meskipun bukan pantai, Anda dapat dengan mudah menemukan penginapan.

Bepergian tidak harus mahal, yang utama tujuan utama tercapai. Tidak hanya keindahan alam saja yang bisa didapatkan saat berkunjung ke Pantai Penyusuk di Pulau Bangka. Selain itu, terdapat berbagai fasilitas yang layak disebut memadai. Sebelum berkunjung, pastikan kondisi bodywork dan kendaraan yang digunakan dalam kondisi prima.

Bagikan: