Harga tiket: Rp 15.000 Jam kerja: 07.00-17.00 MUSIM DINGIN, Alamat: Chakar, Kek. Cyberureum, ruangan. Tasikmalaya, Jawa Barat; Map: Pemeriksaan lokasi

Pasir Pattaya merupakan destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Tasikmalaya dengan berbagai daya tariknya. Tempat ini memiliki keunikan tersendiri yaitu berpasir putih di daerah pegunungan. Sayangnya, pasir tersebut sudah tidak terlihat lagi karena banyaknya tanah berwarna coklat yang menutupinya.

Wisata hits di Tasikmalaya ini berada di ketinggian sekitar 1100 mdpl, cuacanya sejuk dan menyegarkan. Namun pada waktu-waktu tertentu suhu di kawasan tersebut cukup hangat, sekitar 26-30 derajat Celcius. Hal ini menjadikan tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana alam yang segar dan sejuk.

Di sini Anda bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Tapi ini bukan yang utama, karena ada permainan dan pool yang berbeda. Pasir Pattaya juga memiliki tempat perkemahan yang cukup luas bagi mereka yang ingin menikmati kehidupan malam sambil mendirikan tenda.

Daya tarik pasir Pattaya

Atraksi pasir Pattaya
Kredit Gambar: Google Maps Cloud

Bicara soal daya tarik Pataya Sands, beberapa di antaranya sudah disebutkan di atas. Apa yang ada di tempat wisata membuat wisatawan datang dari berbagai daerah. Tempat yang terletak di lahan seluas sekitar 43 hektar ini mengusung konsep agrowisata dengan atraksi sebagai berikut!

✦ Area kolam renang

Daya tarik pertama adalah adanya kolam renang yang dibangun di atas lahan yang luas. Bukan satu kolam, tapi tiga dengan kedalaman usia. Untuk orang dewasa, tersedia kolam dengan kedalaman 1 hingga 2 meter. Sedangkan untuk anak-anak, terdapat kolam dengan kedalaman tidak lebih dari 50 sentimeter.

Kolam renang di Pasir Pataya sebenarnya tidak sesempurna fasilitasnya dibandingkan dengan wisata berkonsep taman air. Namun berkat hadirnya beberapa kolam, pengunjung bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam yang mempesona. Khusus untuk kolam renang anak, terdapat shower di tengahnya dengan kolam berbentuk hati.

✦ tur di luar lokasi

Wisata populer di Tasikmalaya ini menarik tidak hanya kolamnya saja. Ada juga area luas yang digunakan untuk kegiatan outdoor, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Meski tidak gratis dan tidak termasuk tiket masuk utama, banyak pengunjung yang rela menambah budget untuk masuk ke kawasan ini.

Setidaknya Pataya Sand memiliki 6 wisata outdoor yang bisa dinikmati, semuanya melatih ketangkasan dan keberanian anak. Disebut jembatan kayu panjang dan terletak di antara hamparan sawah yang tak berujung. Selain itu, ada pula rumah pohon yang dibuat di antara dua pohon besar. Anda bisa memasang hammock di bawah pohon, bersantai sambil bergoyang.

✦ Berkemah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu daya tarik wisata hits ini adalah berkemah. Memang tidak semua pengunjung memilih menginap dengan penginapan di tenda. Namun tak ada salahnya mencoba pengalaman liburan yang berbeda dari berkemah di Pataya Sands.

Bermalam di alam memberikan manfaat yang cukup banyak, terutama dalam hal kecintaan terhadap alam. Tak heran, berkemah menjadi kegiatan utama bagi pecinta alam maupun mereka yang bercita-cita berpetualang. Tidak perlu membawa perlengkapan perjalanan sendiri karena di sini sudah lengkap dan harga sewanya terjangkau.

✦ Agrowisata di Pattaya Sands

Tak dapat dipungkiri bahwa konsep wisata berupa keindahan alam selalu diminati. Namun bukan berarti tidak ada yang melirik wisata edukasi, buktinya ada agrowisata di Pataya Sands yang menjadi hiburan tambahan. Di sini Anda akan mendapatkan pengalaman langsung dalam berkebun atau bercocok tanam.

Pada dasarnya peserta agrowisata adalah anak-anak dari lembaga sekolah. Ada beberapa kebun di sini, antara lain kebun jeruk, durian, herring dan pepaya. Tak hanya perkebunan, anak-anak juga bisa berinteraksi langsung dengan hewan ternak, termasuk sapi dan kambing.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pattaya Sands
Kredit Gambar: Google Maps Eakin Billy

Mengunjungi Pataya Sands dijamin mudah karena lokasinya yang strategis. Alamat lengkapnya di Desa Chiakar, Kecamatan Sibereum, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Jika saat ini Anda berada di pusat kota Tasikmalai, Anda membutuhkan waktu sekitar 25 menit untuk sampai ke tempat tersebut.

Waktu ini diperlukan untuk menempuh jarak sekitar 10 kilometer dengan kecepatan rata-rata mobil. Rute yang paling direkomendasikan adalah melintasi Jalan Tamansari yang melewati bundaran Gobras. Kemudian pergi ke Jalan Padati dan kemudian ke Jalan Chiakar. Ikuti jalan ini hingga sampai di Pasar Tasik, lalu belok kanan di pertigaan sekitar 300 meter.

Lokasi Pasir Pataya tidak jauh, silahkan ikuti jalan utama hingga menemukan perempatan sekitar 500 meter. Belok kiri di perempatan, lalu setelah sekitar 300 meter belok kanan. Dari sini Anda bisa menggunakan rambu-rambu yang tersedia di pinggir jalan.

Biaya masuk dan jam buka

Mengunjungi wisata menarik di Tasikmalaya ini tidak membutuhkan banyak biaya. Anda hanya perlu menyiapkan 15.000 rupiah per pengunjung dewasa. Sedangkan untuk anak-anak ada diskon 5.000, jadi cukup bayar tiket masuk saja sebesar 10.000 rupiah.

Pasir Pattaya menyediakan tempat parkir yang sangat luas, sehingga anda juga harus menyiapkan budget tambahan untuk biaya parkir. Bagi yang membawa sepeda motor, siapkan Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00, waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan seru di pasir Pattaya
Kredit Gambar: Google Maps oleh Annis Ichaa

Wisata modern ini tidak hanya menarik, sehingga pengunjung datang ke sini. Selain itu, banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk membuat wisatawan tetap ramai berkunjung. Dari sekian banyak kegiatan, inilah yang paling seru dan patut diperhatikan!

1. Berenang di kolam renang

Bagaimana jika Anda berenang di daerah pegunungan dengan suasana yang sejuk dan segar? Pastinya sangat menyenangkan bukan? Ini adalah aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan di Pataya Sands. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun dijamin senang berenang di sini. Apalagi ada shower yang menyemprotkan air dengan waktu tertentu.

2. Berpenampilan menarik

Sebelum atau sesudah berenang, tidak ada salahnya mencoba turun di tempat yang telah ditentukan. Lokasi yang luas membuat kegiatan ini semakin seru, selain itu juga banyak permainan. Outbond membantu mengasah otak anak, sekaligus melatih keberanian dan ketangkasan mereka.

3. Berburu foto

Pasir Pattaya memiliki keindahan alam yang menawan, sayang sekali jika hanya memandangnya saja. Artinya, Anda bisa mencari lokasi foto untuk mengabadikan momen atau menggunakan konten media sosial. Banyak tempat dengan latar belakang yang indah, seperti perbukitan atau persawahan hijau milik warga.

4. Bermalam di tenda

Kegiatan terakhir yang bisa dicoba adalah mendirikan tenda untuk bermalam, atau yang lebih dikenal dengan camping. Seperti yang sudah disebutkan tadi, sangat menarik untuk bermalam disini, karena udara disini sejuk dan nyaman. Keindahan alamnya memang tidak terlihat, namun Anda bisa melihat kelap-kelip lampu kota sebagai gantinya.

Layanan tersedia

Kompleks pasir Pattaya
Kredit Gambar: Google Maps Kemplu Hendra

Pasir Pattaya adalah tujuan wisata yang dikelola dengan sangat baik oleh para pemangku kepentingan. Ada banyak fasilitas tambahan yang tersedia untuk memastikan kenyamanan wisatawan. Parkir misalnya, Anda tidak perlu repot dengan penempatan mobil, karena lokasinya sangat luas. Selain itu, ada juga kamar mandi, ruang ganti, mushola, dan area keluar.

Tasikmalaya dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki banyak tujuan wisata. Ada wisata alam, edukasi dan atraksi bermain. Anda hanya perlu menyesuaikan tujuan perjalanan. Pataya Sands adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi jika Anda sedang mencari pengalaman liburan seru ditemani keindahan alam yang mempesona.

Bagikan: