Harga tiket: Rp 15.000 Jam kerja: 08.00–17.00 MUSIM DINGIN, Alamat: Caduela, Keck. Pasavahan, taksi. Kuningan, Jawa Barat; Map: Pemeriksaan lokasi

Mungkin sedikit orang yang mengetahui bahwa ada sebuah tempat wisata di kawasan Kuningan yang menawarkan keindahan alam yang mempesona bernama Danau Neelam. Danau ini terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia dengan air yang sangat bersih. Dengan kejernihan tersebut, pengunjung dapat dengan jelas melihat garis besar bebatuan di dalam kolam. Bebatuan kecil dan besar ini juga ditumbuhi tanaman air yang membuat keindahannya semakin sempurna.

Lokasi di lereng Gunung Chiremai, Jawa Barat, sehingga suasana asri dan nyaman. Jauh dari polusi dan pengaruh atmosfer lainnya, objek wisata ini merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi untuk melepas penat setelah seharian bekerja. Pepohonan rindang di sekitar kolam semakin terasa suasana yang asri. Tanaman hijau yang rindang juga menutupi sebagian kolam untuk membantu wisatawan terhindar dari sengatan matahari. Tak lupa tumbuh tanaman air di permukaan kolam yang selalu menyejukkan mata dengan warna hijaunya.

Danau Neelam juga dikenal dengan nama lain Danau Neelem. Nama tersebut diambil karena dulunya banyak terdapat ikan nilema berukuran kecil yang berenang dengan indahnya di kolam tersebut. Bukti ini masih ada sampai sekarang, Anda dapat menemukan beberapa ikan yang dimaksud secara lokal. Jika dilihat dari atas, kolam tersebut terlihat seperti akuarium raksasa yang terbentuk secara alami.

Daya tarik Danau Nilam

Daya Tarik Danau Nilam Kuningan
Kredit Gambar: Google Maps oleh Kadita Supran

Anda dapat menikmati dua danau yang dipisahkan oleh kedalaman. Danau pertama memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter. Sedangkan yang kedua lebih dalam, mencapai 4 meter. Tentu ada daya tariknya, sehingga saat ini Telaga Nilam mulai ramai dikunjungi wisatawan terutama pada sore hari.

1. Keindahan Alam Telaga Nilam

Indah dan memukau, inilah kesan pertama saat Anda datang ke tempat ini. Kolam air tawar ini dikelilingi oleh pepohonan rimbun yang tidak hanya memberikan perlindungan tetapi juga menghiasi lokasi. Tanaman yang didominasi ukuran besar tampak alami untuk tumbuh. Akar pohon yang tumbuh di pinggir kolam juga menyentuh permukaan air. Pemandangan seperti itu tentu jarang terlihat di tempat wisata lain, meski dari kategori yang sama.

Pinggiran Telaga Nilam juga masih alami, terbentuk dari bebatuan dan tanah. Bebatuan di pinggir kolam bahkan ditumbuhi lumut dan alga, sehingga kesan alaminya langsung Anda dapatkan. Untuk menambah daya tarik pengunjung, pengelola membuat jembatan kayu yang bisa digunakan untuk menyeberang dari satu sisi kolam ke sisi lainnya. Jembatan ini juga menjadi destinasi unik bagi wisatawan yang ingin mengabadikan momen.

2. Suasana alami dan asri

Lokasi Telaga Nilam yang masih berada di lereng pegunungan membuat suasana asri dan segar. Tidak ada polusi seperti yang disebutkan sebelumnya. Sejauh mata memandang hanya tumbuhan rindang dengan ciri khas warna hijau. Saat terkena sinar matahari, sebagian warna kayu menjadi kekuningan. Kondisi seperti itu sangat baik bagi mereka yang ingin mengendurkan pikiran dari kejenuhan yang melonjak.

Bagi pengunjung yang berasal dari pedesaan, mungkin tidak terlalu istimewa. Namun, bagi mereka yang berasal dari perkotaan yang sehari-hari hanya bisa melihat gedung-gedung tinggi, atraksi ini pasti istimewa. Momen indah dan alami semakin kental saat Anda berkunjung di pagi atau sore hari. Selama ini, sinar matahari menerpa bagian-bagian penting dari habitat alami seperti air, bebatuan, dan tumbuhan.

3. Kemurnian air nilam

Tak bisa dipungkiri daya tarik utama Telaga Nilam adalah kejernihan airnya. Kejernihan kolam air tawar tidak terlepas dari dasar kolam yang terdiri dari batu-batu besar dan kecil. Nyaris tanpa tanah, sehingga air di kolam selalu terlihat jernih. Meski banyak pengunjung yang berenang dan menginjak dasar kolam, hal ini tidak mempengaruhi kejernihannya.

Tentu saja, ada alasan lain mengapa hal itu terjadi, tidak lain adalah kondisi negara yang masih baik. Dari jernihnya air kolam, bebatuan di dalamnya terlihat jelas. Bahkan bebatuan yang ditumbuhi lumut dan ganggang pun terlihat jelas. Jika dilihat dari atas, warna airnya tampak hijau toska karena pantulan tumbuhan air di bawahnya. Warna airnya semakin indah saat sinar matahari langsung menerpa permukaannya. Sayang sekali jika melewatkan momen ini, karena tidak bisa ditemukan di lokasi lain.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Telaga Neelam Kuningan
Kredit Gambar: Google Maps Jaya Jaya

Menuju Telaga Neelam tidaklah sulit karena lokasinya yang cukup strategis. Letaknya di antara perbatasan tiga kabupaten, yaitu Kuningan, Cirebon dan Mahalengka. Alamat lengkapnya di Caduela, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat yang dapat ditempuh dengan jarak 35 km dari pusat kota Kuningan. Bagi yang datang dari Cirebon jaraknya lebih dekat lagi: sekitar 24 km yang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dengan mobil.

Rute yang bisa ditempuh adalah arah ke Telaga Remis, karena tempat ini masih dekat. Ikuti kendaraan dan menuju ke kawasan Pasawahan, lalu belok kiri saat sampai di pertigaan. Dari sini, lanjutkan perjalanan hingga memasuki Taman Nasional Gunung Chiremai. Arah yang Anda tuju juga mengarah ke Telaga Remis, namun belok kanan saat menemukan pintu masuk Telaga Nilem.

Biaya masuk dan jam buka

Sebagai objek wisata, tiket masuknya harus berbayar, tidak terkecuali Telaga Nilam. Dengan pesona alam yang dijanjikan ditawarkan, harga Rp 15.000 bisa dibilang cukup murah dan sebanding. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir yang juga perlu disiapkan. Sepeda motor atau roda dua dikenakan tarif sebesar Rp 3.000 dan roda empat atau mobil dikenakan tarif sebesar Rp 10.000.

Tempat wisata alam ini buka setiap hari selama 24 jam, sehingga Anda bisa datang kapan saja. Namun, tidak disarankan untuk datang pada malam hari. Alasannya sederhana, karena objek wisata ini masih berhubungan dengan air yang suhunya pada malam hari tentu lebih sejuk. Belum lagi lokasinya yang berada di lereng gunung yang membuat suasana semakin sedingin es.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan Nilam Danau Kuningan
Kredit Gambar: Google Maps Nur Hassan

Apa saja kegiatan yang menarik jika mengunjungi Telaga Nilam? Tentunya sebagian besar aktivitas masih berhubungan dengan air. Bagi Anda yang berencana untuk berkunjung tetapi tidak tahu harus berbuat apa, daftar berikut dapat menjadi sumber inspirasi yang berharga!

1. Bermain di air jernih

Mungkin Anda bisa melakukan aktivitas ringan seperti bermain air di tepi kolam atau danau. Terlihat sederhana, namun banyak juga pengunjung yang melakukan kegiatan serupa. Kejernihan airnya sungguh sangat memikat dan membuat siapapun ingin menyentuhnya. Terdapat bebatuan besar di pinggir danau yang bisa dijadikan pijakan. Selain itu, ada pohon yang batangnya menjulur ke arah kolam, yang juga bisa dijadikan penyangga.

2. Berenang di Danau Nilam

Jika Anda seorang perenang yang baik, aktivitas ini sangat cocok untuk Anda. Sebagian besar pengunjung yang datang ke Telaga Nilam tentunya ingin merasakan pengalaman berlayar yang berbeda. Air bersih yang tetap terjaga meski sering digunakan untuk kegiatan ini tentu sangat menggiurkan. Berbagai kedalaman juga tersedia, Anda dapat menyetel setiap keterampilan berenang.

Biar makin seru, coba bawa kacamata renang kamu, di mana kamu bisa melihat dengan jelas biota air tawar di dasar danau cantik ini. Tumbuhan air berupa lumut dan alga yang tumbuh di atas batu-batu besar terlihat sangat jelas. Selain serunya berenang di kolam air tawar, aktivitas ini juga baik untuk kesehatan. Belum lagi pengalaman indah tak terlupakan berenang di samping tumbuhan air yang hidup di dasar kolam, serta ikan-ikan cantik yang selalu menemani Anda.

3. Bersantai di atas danau

Tempatnya masih sepi, apalagi di hari yang aktif dimana kamu bisa melakukan apapun yang kamu mau. Relaksasi adalah pilihan yang paling tepat jika sedang tidak mood untuk melakukan apapun. Tentunya ini bukan sekedar liburan, melainkan liburan di atas Danau Neelam dengan menggunakan floating bean bag. Pengunjung yang melakukan hal tersebut cukup banyak, belum lagi mereka yang ingin menikmati suasana asri di atas kolam.

Karena properti tidak menyediakan atau menyewakan bean bag, Anda bisa membawanya sendiri dari rumah. Saat melakukan acara ini tidak ada tarif khusus, semuanya sudah termasuk dalam tiket masuk ke lokasi. Air di kolam yang hampir tidak ada arusnya membuat suasana santai semakin nyaman. Namun, terkadang ombak kecil datang dari pengunjung lain yang sedang mandi.

4. Cari spot foto yang unik dan cantik

Acara foto selalu diadakan di setiap liburan untuk mengabadikan momen atau membagikannya di jejaring sosial. Ada yang menarik dari kegiatan ini ketika dilakukan di Telaga Nilam. Air jernih memungkinkan Anda mengambil gambar dari dalam kolam atau biasa disebut dunia bawah laut. Hasil foto menjadi semakin indah karena adanya tanaman yang menghiasi setiap bidikan.

Jangan lupakan bebatuan besar dan kecil di dasar danau yang membuat latar belakang foto semakin indah. Jika memungkinkan, pilih momen yang tepat saat ikan nilema berenang di sebelah Anda. Namun momen ini sangat jarang terjadi, karena kebanyakan ikan takut mendekati gerakan, apalagi jika Anda aktif bergerak saat berenang.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Danau Nilam Kuningan
Kredit Gambar: Google Maps Novi Gayatri

Memang objek wisata alam ini masih sepi, namun bukan berarti tidak memiliki fasilitas. Pihaknya memberikan berbagai bantuan demi kenyamanan wisatawan yang datang ke lokasi. Layanan tersebut sudah termasuk tempat parkir yang luas segera setelah Anda tiba di Telaga Nilam dengan ketentuan harga yang berlaku. Kolam renangnya juga memiliki gazebo yang bisa dijadikan tempat bersantai.

Umat ​​Islam juga tidak perlu khawatir dan takut menunaikan kewajibannya. Tempat wisata ini juga memiliki mushola yang bisa digunakan oleh siapa saja kapan saja asalkan untuk beribadah. Counter di dekat kolam juga tersedia bagi Anda yang lapar atau sekedar ingin melepas dahaga. Sayang sekali karena masih belum ada toilet yang bisa digunakan. Namun, pemilik warung sangat terbuka untuk menyediakan toilet bersih atau ganti sendiri.

Inilah pembahasan menarik tentang Telaga Nilam, mulai dari daya tariknya, tiket masuk, itinerary, hingga aktivitas menarik. Dari penjelasan di atas, pasti ada niat untuk mengunjungi tempat ini. Apalagi jika saat ini Anda sedang berada di kawasan dekat objek wisata, tidak ada alasan untuk mengabaikan keindahannya.

Bagikan: